Berita

Seleksi Lomba Nyurat Aksara Bali Jenjang SD se Kecamatan Klungkung Tahun 2024

393
×

Seleksi Lomba Nyurat Aksara Bali Jenjang SD se Kecamatan Klungkung Tahun 2024

Share this article
Lomba Nyurat Aksara Bali Kecamatan Klungkung Tahun 2024

GATRAGURU.NET, SEMARAPURA – Dalam rangka menentukan wakil Kecamatan Klungkung dalam Lomba Nyurat Aksara Bali Jenjang SD Tingkat Kabupaten, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Klungkung Selasa (23/01) menyelenggarakan Seleksi Lomba Nyurat Aksara Bali Jenjang SD se Kecamatan Klungkung Tahun 2024. Seleksi ini diikuti oleh 23 peserta dari 26 sekolah SD se Kecamatan Klungkung.

Kegiatan dibuka langsung oleh Kordinator Wilayah (Korwil) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Disdikpora) untuk Kecamatan Klungkung, Drs. I Ketut Dirtha, M.Pd. Dalam sambutannya, Korwil Klungkung sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap ke depannya seluruh SD bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.

Ketua K3S Kecamatan, I Gusti Lanang Gede Putra Astawa, S.Pd.SD sebagai penyelenggara kegiatan ini menyampaikan bahwa kegiatan seleksi ini bertujuan untuk memotivasi sekolah-sekolah di Kecamatan Klungkung untuk melakukan pembinaan nyurat Bahasa Bali kepada siswanya. “Kami berusaha konsisten untuk tidak melakukan penunjukan, namun selalu melaksanakan proses seleksi. Harapannya seluruh sekolah bisa terlibat melakukan pembinaan di sekolah masing-masing.”

Sebagai juri dalam kegiatan tersebut adalah Eka Narayani, S.S. (juri 1), I Dewa Made Dwipayana Putra, S.S. (juri 2) dan Ni Nengah Vera Puspita Dewi, S.Pd.B. (juri 3). Selain menilai tulisan siswa, ketiga juri juga memberikan masukkan terhadap hasil karya peserta terkait bentuk dan komposisi tulisan (wangun, tetuek, dan kakuub), ketepatan ejaan (pasang aksara), kerapian dan kebersihan tulisan, serta ketuntasan.

Setelah melalui proses penjurian yang cermat, diperoleh tiga peserta dengan nilai terbaik.

  • Juara 1 : Gede Purwadana (SD Negeri 1 Semarapura Tengah)
  • Juara 2 : Ni Komang Karisa Putri Armaury (SD Negeri Semarapura Kaja)
  • Juara 3 : I Made Karang Mahardika (SD Negeri 1 Tojan)

Selanjutnya, ketiga siswa terbaik tersebut akan menjadi perwakilan Kecamatan Klungkung dalam Lomba Nyurat Aksara Bali Tingkat Kabupaten Klungkung yang akan dilaksanakan pada Selasa, 6 Pebruari 2024 di Bale Kambang Kerthagosa. (Ast)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *