Berita

PDSK Maitrya Dharma Kecamatan Klungkung Menyelenggarakan RAT Tahun 2023

422
×

PDSK Maitrya Dharma Kecamatan Klungkung Menyelenggarakan RAT Tahun 2023

Share this article

GATRAGURU.NET, Semarapura – Perkumpulan Dana Setia Kawan (PDSK) Maitrya Dharma Kecamatan Klungkung Sabtu (27/01) menyelenggarakan Rapat Akhir Tahun (RAT) Tahun 2023 di Rumah Makan Umening MG, Kusamba. RAT yang dihadiri oleh pengurus PDSK Maitrya Dharma Kabupaten Klungkung serta anggota ini berjalan dengan lancar.

Dalam laporan pertanggungjawaban pengurus PDSK Maitrya Dharma Kecamatan Klungkung yang disampaikan oleh Ketua PDSK Maitrya Dharma Kecamatan Klungkung, I Dewa Ketut Suparta, S.Pd.SD, total keuangan per 31 Desember 2023 berjumlah Rp. 2.326.570.483. Dari total kekayaan tersebut, sebanyak Rp. 1.253.172.834 mengendap di tabungan, sedangkan sisanya beredar dalam bentuk pinjaman ke anggota.

Untuk keanggotaan sendiri, I Dewa Ketut Suparta, S.Pd.SD menyampaikan jumlah anggota PDSK Maitrya Dharma Kecamatan Klungkung mengalami menurunan sebanyak 33 anggota (tahun 2022 jumlah anggota 239 anggota dan saat ini jumlah anggota 206 anggota). Penurunan ini disebabkan oleh adanya anggota yang pensiun dan mutasi.

Badan Pemeriksa PDSK Maitrya Dharma melalui pelapor, Ni Putu Elis Puryati, S.Pd.SD menyampaikan bahwa setelah melakukan pemeriksaan secara mendalam, untuk bidang organisasi sudah dilaksanakan dengan baik sesuai dengan AD/ART. Sementara untuk bidang keuangan, ditemukan adanya anggota yang pembayaran kreditnya tidak lancar. Sehingga saran yang disampaikan oleh Badan Pemeriksa yaitu mempertahankan prinsip kehati-hatian, serta penambahan dan pengurangan anggota agar tetap dicatat dalam buku keanggotaan PDSK Maitrya Dharma.

Dalam RAT tersebut juga dihasilkan beberapa keputusan yang disepakati oleh seluruh peserta RAT yaitu (1) Menginvestasikan keuangan melalui deposito, (2) Pembelian baju endek kepada seluruh anggota PDSK, (3) pembentukan forum komunikasi antara pengurus dan anggota, dan (4) mengusulkan kepada pengurus PDSK Kabupaten Klungkung terkait perekrutan PPPK sebagai anggota PDSK.

Ketua PDSK Maitrya Dharma Kabupaten Klungkung, I Ketut Suastana, S.Pd. dalam sambutannya sangat megapresiasi pelaksanaan RAT PDSK Maitrya Dharma Kecamatan Klungkung. Beliau juga mengatakan bahwa di Bali PDSK yang masih berjalan hanya di dua Kabuapaten yaitu Klungkung dan Bangli.

Kepala Disdikpora Kabupaten Klungkung, Drs. I Ketut Sujana, M.Pd.H selaku Pembina PDSK Meitrya Dharma Kabupaten Klungkung dalam sambutannya berharap bahwa anggota PDSK dapat meminjam uang di PDSK Maitrya Dharma mengingat bunga yang sangat rendah 0,5 % dan tentunya keuntungan akan kembali lagi ke anggota. Selain itu, beliau juga berharap agar pengurus memilih jangka waktu deposito yang beragam (3 bulan, 6 bulan, dan 1 tahun) agar saat diperlukan, tidak perlu menunggu lama.

Dalam RAT tersebut juga diserahkan hak-hak untuk anggota yang telah memasuki purna bakti per 1 Januari 2024 yaitu (1) I Dewa Gede Martawan, (2) Ni Made Tirtani, (3) I Made Wirta, (4) Ni Made Srinami, (5) Nyoman Supartawan, (6) Drs. Munir, (7) I Wayan Sujantha, dan (8) Anak Agung Gede Ngurah. (Ast)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *